Pewawancara : Michael
natanael siagian
Narasumber : Bapak Edy kusnanto
Topik wawancara : TIdak Semua Dapat Diselesaikan Dengan Teknologi
Michael: Bagaimana peran PT Pos era teknologi informasi
dan telekomunikasi ini?
Narasumber: Terus terang kemajuan di bidang teknologi
informasi dan telekomunikasi membuat PT Pos Indonesia mengalami penurunan yang
cukup tajam.Apalagi sejak tahun 1997 ketika era telepon seluler semakin banyak
digunakan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mengirim ucapan lewat SMS. Di
negara lain, tradisi berkirim kartu ucapan lewat pos itu masih terjaga karena
ucapan melalui SMS dianggap kurang berkesan. Ada kesan yang tergantikan oleh
teknologi.
Michael: Selain
turunnya jumlah pengiriman surat, apakah pengiriman uang lewat wesel pos juga
mengalami penurunan seiring dengan pertumbuhan dunia perbankan?
Narasumber: PT Pos memang sudah tidak terlalu berharap banyak
dari pengiriman surat pribadi. Namun, pelanggan korparat kami yang menggunakan
jasa pos masih cukup tinggi. Tidak semua dokumen bisa diselesaikandengan
teknologi. Banyak perusahaan yang mempercayakan pengiriman dokumen dan
surat-surat resmi pada PT pos, sedangkan layanan wesel pos memang tak seramai
dulu karena jaringan ATM yang kian luas. Tapi jaringan PT pos jauh lebih luas,
hingga ke tiap-tiap kecamatan Jadi, saya tetap optimis PT Pos akan tetap eksis.
Michael: Kemudian
bagaimana langkah yang dilakukan PT Pos untuk mengantisipasi kemunduran ini?
Narasumber: Layanan PT Pos memang tidak sepenuhnya untuk
kepentingan komersial, ada sisi sosial yang tetap kami pertahankan. Misalnya
dengan mempertahankan kantor-kantor cabang di tiap kecematan, meskipun biaya
operasionalnya cukup tinggi. Saat ini, yang tengah kami lakukan adalah menjalin
kemitraan dengan pihak luar dan memperluas kemungkinan kerja sama yang saling
menguntungkan sehingga dapat memperkaya produk jasa yang akan mempermudah
masyarakat sebagai konsumennya. Antaraa lain adalah dengan menjadikan PT Pos
sebagai salah satu payment point.
Michael: Jadi sebenarnya produk PT Pos tidak hanya surat dan wesel pos ya?
Narasumber: Banyak orang yang belum tahu bahwa kantor pos juga
dapat melayani pembayaan tagihan, kartu kredit, maupun pajak. Pembayaran
tagihan tersebut juga sudah dapat dilakukan secara on-line. Selain itu, kami juga memiliki produk total logistik yang
mencakup transportasi dan pergudangan (warehousing
).
Michael: Apakah layanan tersebut memberikan pemasukan yang signifikan bagi PT
Pos?
Narasumber: Ini tidak pernah kami sangka sebelumnya.
Pemasukan dari payment point ini rupanya cukup tinggi. Ada
beberapa perusahaan yang telah bekerja sama dengan PT Pos, seperti perusahaan
otomotif serta pelanggan kartu prabayar
juga dapat membayar tagihan ponsel lewat kantor pos.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar